Sabtu, 17 Maret 2018

CARA MENJAGA KESEHATAAN ORGAN KEWANITAAN

TIPS MEMAKAI PEMBALUT YANG BENAR :

1. CUCI TANGAN SEBELUM DAN SESUDAH MEMAKAI PEMBALUT.

Sebelum Anda memakai pembalut sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu dengan memakai sabun atau anti septik. Ini untuk menghindari terjadinya iritasi pada area vagina, karena memang area kewanitaan adalah bagian paling sensitif wanita sehingga harus benar-benar dijaga kebersihannya.

2. RUTIN MENGGANTI PEMBALUT.

Untuk menjaga kebersihan, gantilah pembalut setiap 2 sampai 3 jam agar tidak timbul rasa gatal atau bau tak sedap. Jangan menunggu pembalut Anda penuh dengan cairan baru menggantinya. Kebiasaan seperti ini adalah kebiasaan tidak sehat yang harus Anda hindari. Jadi, meskipun pembalut Anda belum penuh dengan cairan, segeralah ganti jika sudah dipakai selama 2 sampai 3 jam.

3. BERSIHKAN DAERAH KEWANITAAN SEBELUM DAN SESUDAH MEMAKAI PEMBALUT.

Baik sebelum maupun sesudah memakai pembalut, Anda harus segera membersihkan daerah kewanitaan Anda. Disarankan untuk membersihkannya dengan air mengalir, tidak perlu memakai sabun khusus. Pembersihan ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel di kulit sekitar vagina.

4. BUANG PEMBALUT BEKAS DENGAN BIJAK.

Jangan membuang pembalut langsung ketempat sampah. Sebelum membuangnya, Anda harus membungkus rapat pembalut bekas tersebut agar tidak dihinggapi lalat. Anda bisa membungkusnya dengan plastik kemudian baru membuangnya ketempat sampah.


CARA MEMAKAI PEMBALUT YANG BENAR

Sekarang kita sampai kepembahasan utama yaitu cara memakai pembalut yang baik dan benar. Bagaimana caranya ???


■ Keluarkan pembalut dari bungkusnya. Bungkusnya jangan langsung dibuang, tetapi simpan untuk nanti digunakan sebagai pembungkus pembalut yang sudah Anda kenakan.


■ Jika Anda memilih pembalut bersayap, maka buka sayap pembalut dan lepaskan perekat dibagian belakang pembalut. Lepaskan juga lapisan perekat pada sayap pembalut.
Pasang bagian pembalut yang berperekat pada celana dalam yang Anda kenakan. Jangan lupa untuk melekatkan sayap pembalut dibagian luar celana dalam ( khusus yang memakai pembalut bersayap ). Ini berfungsi agar pembalut tidak bergeser saat Anda melakukan aktifitas.


■ Kenakan celana dalam seperti biasa.


■ Selesai deh.


Mudah dan Sederhana ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Call / WA : 082122333789 | 085723333789 | 087723333789